Skip to main content

Penjelasan Bisnis Franchise : Pengertian, Skema Bisnis, Langkah-Langkah Memulai Bisnis Franchise, Tips Memilih Perusahaan Franchise

Hallo ! Selamat datang dan selamat membaca , pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan memberi pengetahuan mengenai salah satu bisnis yang menjanjikan yaitu bisnis franchise atau bisnis waralaba. Untuk Anda yang tertarik dan ingin memulai bisnis franchise ini tetapi belum memahami dan mengerti apa itu bisnis franchise atau bisnis waralaba ini saya akan jelaskan baik dari pengertian bisnis franchise, skema bisnis franchise, keuntungan bisnis franchise dan langkah-langkah berbisnis franchise, dan tips memilih perusahaan franchise

Karena sebelum memutuskan untuk berbisnis franchise ini, Anda sangat wajib mengetahui dan mengerti tentang apa itu bisnis franchise, bagimana skema bisnis franchise, apa keuntungan bisnis franchise, dan bagaimana langkah-langkah untuk memulai bisnis franchise atau bisnis waralaba itu sendiri dan cara memilih perusahaan franchise nya. berikut penjelasan bisnis franchise

Sistem usaha waralaba atau bisnis franchise adalah salah satu rekomendasi cara berbisnis untuk Anda yang mau memulai usaha, dan buat Anda yang merasa kesulitan dalam membangun, dan mengembangkan brand atau usaha Anda, karena sistem bisnis franchise ini sangat memberi kemudahaan untuk Anda yang baru akan memulai usaha, dan untuk Anda yang ingin cepat menghasilkan keuntungan.

Baiklah pertama saya akan menjelaskan pengertian bisnis franchise

Pengertian Bisnis Franchise

Pengertian bisnis franchise adalah bisnis waralaba, dikutip berdasarkan dari Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia ( Permendag RI ) Nomor 71 Tahun 2019, yang di maksud bisnis franchise adalah hak khusus yang di miliki perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis, dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang, atau jasa yang telah terbukti berhasil, dan dapat di manfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Bisnis franchise dapat di artikan sebagai bentuk kerjasama antara pemilik merk dagang ( brand ) atau bisa di sebut dengan franchisor dengan pembeli lisensi merk dagang ( brand ) yang di sebut dengan franchise.

Bisnis franchise di Indonesia sendiri terutama di kota-kota besar sangat banyak di minati oleh banyak orang karena peluang dengan membuka bisnis ini terhitung sangat menjanjikan, dan banyak juga perusahaan-perusahaan yang membuka kerja sama untuk bisnis franchise ini baik perusahaan kecil menengah maupun besar

Contoh hal nya : bisnis franchise perusahaan ekspedisi, bisnis franchise ritel seperti franchise indomaret, franchise alfamart, dan banyak perusahaan di bidang lain juga yang membuka bisnis franchise ini.

Namun setiap perusahaan memiliki harga atau tarif tersendiri bisnis franchise nya atau harga dalam membuka kerjasama nya, pilihlah bisnis franchise yang sesuai dengan budget yang Anda punya, banyak ko perusahaan atau brand yang membuka bisnis franchise dengan modal kecil, atau harga kerjasama nya bisa di bilang terjangkau.

Bagimana sih skema bisnis franchise itu

Skema Bisnis Franchise

skema bisnis yaitu penjualan royalti atas satu merek tertentu. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa melebarkan sayapnya secara geografis dengan lebih mudah serta hemat biaya dan memberi kemudahan terhadap pembeli lisensi dalam melakukan bisnis nya.

Skema bisnis franchise ini adalah ketika pembeli lisensi merk dagang (franchise) yang mana si franchise si pembeli lisensi merk sangat di untungkan dengan brand yang sudah di kenal masyarakat karena itu si pembeli lisensi tidak perlu repot merintis usaha nya dari awal karena sudah di bangun oleh si pemilik atau si franchistor sehinga karena merk yang di beli nya sudah di kenal masyarakat umum menjadikan peluang besar menghasilkan keuntungan atau pendapatan yang besar. Meski dalam beberapa kasus, ada merk franchise yang relatif masih baru dan belum dikenal luas di kalangan masyarakat.

Dan tak hanya itu si pembeli lisensi merk atua brand pun tidak perlu mengurus pengelolaan atau management perusahaan nya karena biasanya si pemilik merk atau franchistor akan mengatur pengelolaannya karena biasanya mereka juga menerapkan standar atau pedoman yang sama oleh si pemilik merk atau brandnya (franchistor)., dan keuntungan si pembeli lisensi di bagi hasil dari banyak nya penghasilan tempat atau toko si pembeli lisensi merk atau brand itu sendiri.

Selanjutnya saya akan menjelaskan Apa keuntungan bisnis franchise? Sebenarnya keuntungan bisnis franchise ini beberapa sudah di jelaskan di atas namun lebih spesifik nya saya jelaskan di bawah ini

Keuntungan Bisnis Franchise

Keuntungan dalam bisnis franchise ini adalah bisnis yang meminimalisir kegagalan dalam memulai dan membangun usaha, dimana kelebihan bisnis franchise ini Anda akan menjalankan bisnis yang sudah franchistor bangun, yang menawarkan proyeksi keuntungan kepada pembeli lisensi merk (brand) usahanya.

Memulai usaha dengan bisnis franchise relatif cepat menghasilkan keuntungan karena biasanya perusahaan atau merk (brand) pemilik usaha (franchistor) sudah memiliki market/pasar nya sendiri, sehingga si pembeli lisensi (franchise) tidak perlu repot membranding usahanya, tak hanya itu biasanya franchistor sudah menyiapkan fasilitas sistem operasional yang di butuhkan untuk si pembeli lisensi untuk menjalankan usahanya, biasanya si pembeli lisensi ( franchise ) hanya menyediakan tempat untuk mereka menjalankan usahanya.

Dengan memulai usaha bisnis franchise membuat Anda juga bisa belajar bagaimana memulai, dan membangun sebuah usaha yang sukses. Mungkin masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dalam menjalankan bisnis franchise.

Oke pembahasan selanjutnya adalah bagaimana langkah-langkah memulai bisnis franchise

Dalam memulai bisnis franchise, kurang lebih di bawah inilah langkah-langkah bisnis franchise yang harus Anda perhatikan

Langkah - Langkah Berbisnis Franchise

1. Mempelajari Terlebih Dahulu Apa Itu Bisnis Franchise

Untuk memulai sebuah bisnis mengenal, dan mempelajari bidang bisnis yang akan Anda mulai adalah menjadi sesuatu keharusan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Terlebih dalam bisnis franchise atau bisnis waralaba yang mana bisnis ini adalah sebuah bisnis tentang kerja sama antara Anda dengan pemilik perusahaan atau franchise dan franchistor.

2. Modal

Tentunya sebelum memulai bisnis franchise atau bisnis waralaba ini Anda harus menyiapkan modal untuk Anda membeli lisensi, atau memulai kerja sama dengan perusahaan franchistor.

3. Memilih Perusahaan

Memilih perusahaan yang ingin Anda beli lisensinya, atau perusahaan yang akan Anda pilih untuk berkerja sama untuk berbisnis waralaba. Memilih perusahaan tentu nya Anda harus mengenal perusahaan nya baik dari produk jual perusahaan nya, sistem kerja sama nya, latar belakang perusahaan, dll.

Pilih perusahaan yang budget atau modal untuk kerja sama nya sesuai dengan modal yang Anda punya

4. Menyiapkan Tempat

Siap kan tempat untuk memulai usaha Anda, karena biasanya pihak perusahaan, atau franchistor tidak menyediakan tempat untuk Anda berjualan.

Dan pembahasan terakhir adalah tips memilih perusahaan franchise

Bagaimanasih memilih atau menentukan perusahaan franchise?

Dalam memilih perusahaan banyak poin-poin yang harus di perhatikan sebelum menentukan perusahaan mana yang akan Anda beli lisensi merk (brand)nya

Tips Memilih Perusahaan Franchise

1. Modal Yang Anda Punya

Sebelum menentukan perusahaan yang ingin Anda pilih untuk memulai bisnis franchise, pastikan perusahaan yang akan Anda pilih biaya untuk memulai atau membuka franchise nya itu sesuai dengan modal, atau budget yang Anda punya.

2. Kenali Perusahaan

Mengenali terlebih dahulu perusahaan adalah langkah yang harus Anda lakukan, Anda harus mengetahui, dan mempelajari bagaiamana perusahaan yang akan Anda pilih untuk memulai bisnis franchise.

3. Kontrak Kerja Sama Perusahaan

Pelajari dan pahami dengan teliti isi poin-poin kontrak kerja sama dengan perusahaan yang Anda pilih, sehingga dikemudian hari tidak ada hal-hal yang di rasa akan merugikan Anda kedepan nya. Baik dari jaminan yang di berikan, keuntungan yang di dapatkan dari penghasilan perusahaan, dll

4. Produk Yang Di Jual

Kenali produk barang atau jasa yang di jual oleh perusahaan Anda pilih, proyeksikan apakah produk atau jasa yang di jual oleh perusahaan ini mempunyai market/pasar yang bagus,dan memproyeksikan apakah produk yang di jual dalam jangka waktu panjang masih mempunyai peluang market/pasar yang bagus juga, sehingga berpeluang bisa mendapatkan keuntungan untuk Anda dalam jangka waktu panjang.

5. Perkembangan Perusahaan

Lihatlah perkembangan perusahaan yang akan Anda pilih, lihat perkembangan sejak dari awal perusahaan nya berdiri hingga sekarang apakah perusahaan yang akan Anda pilih ini memiliki perkembangan yang cepat, atau lambat, dan apakah perkembangan perusahaan nya bagus, baik dari sisi penjualan, pencapaian, ataupun sistem kerja nya si perusahaan.

6. Pencapaian Perusahaan

Melihat pencapaian-pencapaian perusahaan yang Anda pilih, agar Anda semakin yakin dengan perusahan yang Anda pilih, yang bisa memproyeksi kan bahwa perusahaan yang Anda pilih pasti bisa memberi keuntungan.

7. Latar belakang perusahaan

Pastikan latar belakang perusahaan yang Anda pilih ini mempunyai latar belakang reputasi yang baik, tidak mempunyai history yang buruk baik dari customer nya ataupun dari franchise yang sudah bekerja sama dengan perusahaan ini

Kesimpulan

Memilih bisnis franchise bisa menjadi bisnis yang Anda pilih dimana pengalokasian uang atau modal dengan berbisnis franchise adalah hal yang tepat Anda pilih, terlebih untuk Anda yang baru ingin memulai bisnis baru, namun yang harus Anda lebih perhatikan memilih bisnis franchise ini adalah dalam memilih perusahaan franchistor itu sendiri, baik dengan memilih dari segi modal yang Anda punya, dari history dan latar belakang perusahaan nya dan jenis kontrak kerja sama nya dll, bisnis franchise di Indonesia ini sudah trend dan banyak di pilih oleh para pengusaha-pengusaha karena bisnis waralaba ini adalah bentuk bisnis kerjasama yang sama-sama memberi keuntungan dua belah pihak baik dari franchistor atau si pemilik merk (brand) dan si pembeli lisensi dan sudah banyak terbukti efektik memberi keuntungan kepada si pelaku usaha bisnis franchise ini.

Itulah sedikit penjelasan Apa Itu bisnis Franchise baik dari pengertian bisnis franchise, skema bisnis franchise, keuntungan bisnis franchise, langkah-langkah memulai bisnis franchise, dan tips bagimana memilih perusahaan franchise yang mungkin bisa Anda pelajari. Semoga artikel ini bisa memberi informasi yang Anda perlukan tentang mengenai bisnis franchise.

Terimakasih sudah mampir di website kami dan sudah mau membaca artikel-artikel kami, semoga artikel kami ini bisa membantu Anda untuk memberi apa yang Anda cari dan butuhkan. Jika ada hal yang kurang di mengerti ataupun ingin di tanyakan tentang artikel ini silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar